You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

SFC Minta PSSI Izinkan Beto dan Zulfiandi Tetap Bermain Lawan Persela

Manajemen Sriwijaya FC secara resmi mengajukan permohonan kepada PSSI untuk tetap menurunkan pemain Tim Nasional, striker andalan Alberto Goncalves (Beto) dan gelandang tengah Zulfiandi untuk memperkuat klub pada laga lanjutan Liga 1 2018 melawan Persela Lamongan, Jumat (2/11) besok di stadion Surajaya Lamongan.

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid di Palembang, Rabu, mengatakan, klub telah melayangkan surat resmi ke Sekjend PSSI pada Selasa (30/10) terkait permohonan tersebut mengingat Sriwijaya FC berada pada zona degradasi.

“Kami mengajukan surat, karena posisi Sriwijaya FC saat ini sedang genting. Kami butuh pemain andalan untuk meraih poin di laga sisa yang tinggal enam pertandingan lagi,” kata Faisal.

Sebelumnya, manajemen klub menerima surat resmi dari PSSI tertanggal 28 Oktober 2018 mengenai pemanggilan Alberto Goncalves dan Zulfiandi untuk mengikuti program Timnas senior mengikuti AFF Suzuki Cup 2018, putaran pertandingan kandang dan tandang pada 9-25 November 2018. Atas kegiatan tersebut, dua pemain Sriwijaya FC ini harus bergabung dalam pemusatan latihan Timnas pada 1-26 November 2018 di Jakarta.

Menurut Faisal, kehilangan dua pemain ini bakal menjadi persoalan berat bagi Sriwijaya yang saat ini berada di peringkat 15 klasemen sementara dengan meraih 33 poin. Sementara tiga tim di zona degradasi yakni PS TNI 32 poin, Perseru Serui 29 poin, dan PSMS 27 poin. Sriwijaya FC dan Perseru sama-sama sudah 28 kali bertanding, sementara PS TNI dan PSMS masih memiliki satu tabungan pertandingan karena baru bermain 27 kali.

“Situasi ini menjadi tidak mudah bagi kami karena SFC tinggal menyisakan dua laga home, dan empat laga away. Saat ini semua tim papan bawah sedang berjuang habis-habisan untuk bertahan di Liga 1,” kata dia.

Terkait kewajiban klub untuk menyerahkan pemain jika dipanggil untuk memperkuat Timnas, Faisal menegaskan bahwa Sriwijaya FC sama sekali tidak mempersoalkannya. Hanya saja, meminta toleransi, andaikata masih dalam fase persiapan atau beberapa hari menjelang pertandingan AFF, kiranya dapat dipersilakan membantu klub terlebih dahulu.

“Tanggal 2 November ini Sriwijaya akan bertanding melawan Persela, kami berharap dua pemain ini diizinkan memperkuat klub karena Timnas baru akan bertanding pada 9 November lawan Singapura,” kata Faisal. (HK)